Bagaimana Cara Mengobati Patah Kaki?0

Selama pemeriksaan fisik patah kaki, dokter akan memeriksa daerah yang terkena nyeri, bengkak, cacat atau luka terbuka. Sinar-X biasanya dapat menentukan lokasi istirahat dan menentukan sejauh mana cedera pada sendi yang berdekatan. Kadang-kadang, dokter Anda juga dapat merekomendasikan gambar yang lebih detail menggunakan computerized tomography (CT) atau magnetic resonance imaging (MRI).

Image result for patah kaki halodoc

Pengobatan

Perawatan kaki yang patah akan bervariasi, tergantung pada jenis dan lokasi patahnya. Fraktur stres mungkin hanya memerlukan istirahat dan imobilisasi. Fraktur diklasifikasikan ke dalam satu atau lebih dari kategori berikut:

  • Fraktur terbuka (gabungan). Pada fraktur jenis ini, kulit ditusuk oleh patah tulang. Ini adalah kondisi serius yang membutuhkan perawatan segera dan agresif untuk mengurangi kemungkinan infeksi.
  • Fraktur tertutup. Pada fraktur tertutup, kulit di sekitarnya tetap utuh.
  • Fraktur tidak lengkap. Istilah ini berarti tulang retak, tetapi tidak dipisahkan menjadi dua bagian.
  • Fraktur lengkap. Pada fraktur lengkap, tulang telah patah menjadi dua bagian atau lebih.
  • Fraktur pengungsian. Pada fraktur jenis ini, fragmen tulang pada setiap sisi istirahat tidak selaras. Fraktur yang terlantar mungkin memerlukan pembedahan untuk meluruskan kembali tulang dengan benar.

Fraktur greenstick. Pada fraktur jenis ini, tulang retak tetapi tidak pecah – seperti ketika Anda mencoba mematahkan sebatang kayu hijau. Sebagian besar tulang patah pada anak-anak adalah patah tulang greenstick, karena tulang anak lebih lunak dan lebih fleksibel daripada orang dewasa.

Mengatur kaki

Perawatan awal untuk kaki yang patah biasanya dimulai di ruang gawat darurat atau klinik perawatan darurat. Di sini, dokter biasanya mengevaluasi cedera Anda dan melumpuhkan kaki Anda dengan belat. Jika Anda memiliki fraktur yang terlantar, dokter Anda mungkin perlu memanipulasi potongan kembali ke posisi yang tepat sebelum menerapkan belat – proses yang disebut pengurangan. Beberapa patah tulang belat selama sehari untuk memungkinkan pembengkakan mereda sebelum dilemparkan.

Imobilisasi

Membatasi pergerakan tulang yang patah di kaki Anda sangat penting untuk penyembuhan yang tepat. Untuk melakukan ini, Anda mungkin memerlukan belat atau gips. Dan Anda mungkin perlu menggunakan kruk atau tongkat untuk menjaga berat badan dari kaki yang terkena selama enam hingga delapan minggu atau lebih lama.

Obat-obatan

Untuk mengurangi rasa sakit dan peradangan, dokter Anda dapat merekomendasikan penghilang rasa sakit yang dijual bebas, seperti acetaminophen (Tylenol, yang lain) atau ibuprofen (Advil, Motrin IB, yang lain) atau kombinasi keduanya. Jika Anda mengalami sakit parah, dokter mungkin akan meresepkan obat penghilang rasa sakit yang lebih kuat.

Terapi

Setelah gips atau belat Anda dihilangkan, kemungkinan Anda akan membutuhkan latihan rehabilitasi atau terapi fisik untuk mengurangi kekakuan dan mengembalikan gerakan di kaki yang cedera. Karena Anda belum menggerakkan kaki untuk sementara waktu, Anda bahkan mungkin memiliki otot kaku dan lemah di area yang tidak terluka. Rehabilitasi dapat membantu, tetapi mungkin butuh beberapa bulan – atau bahkan lebih lama – untuk penyembuhan total cedera parah.

Prosedur bedah dan lainnya

Imobilisasi menyembuhkan sebagian besar tulang yang patah. Namun, Anda mungkin memerlukan pembedahan untuk menanamkan alat fiksasi internal, seperti pelat, batang atau sekrup, untuk mempertahankan posisi tulang Anda yang tepat selama penyembuhan. Perangkat fiksasi internal ini mungkin diperlukan jika Anda mengalami cedera berikut:

  • Fraktur multipel
  • Fraktur yang tidak stabil atau bergeser
  • Fragmen tulang lepas yang bisa masuk persendian
  • Kerusakan pada ligamen di sekitarnya
  • Patah tulang yang memanjang menjadi persendian
  • Fraktur yang merupakan akibat dari kecelakaan yang menghancurkan
  • Fraktur pada area tertentu pada kaki Anda, seperti tulang paha Anda

Untuk beberapa cedera, dokter Anda mungkin juga merekomendasikan alat fiksasi eksternal – bingkai di luar kaki Anda yang melekat pada tulang dengan pin. Perangkat ini memberikan stabilitas selama proses penyembuhan dan biasanya dilepas setelah sekitar enam hingga delapan minggu. Ada risiko infeksi di sekitar pin bedah yang terhubung ke perangkat fiksasi eksternal. Tergantung pada tingkat keparahan istirahat, dokter keluarga Anda atau dokter ruang gawat darurat dapat merekomendasikan pemeriksaan oleh ahli bedah ortopedi.

Apa yang dapat Anda lakukan

Anda mungkin ingin menulis daftar yang meliputi:

  • Penjelasan terperinci dari gejala dan peristiwa pencetus
  • Informasi tentang masalah medis masa lalu
  • Semua obat dan suplemen makanan yang Anda atau anak Anda minum
  • Pertanyaan yang ingin Anda tanyakan kepada dokter

Sumber :

https://www.mayoclinic.org

https://www.healthline.com

https://myhealth.alberta.ca

sumber gambar

https://www.halodoc.com

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>